15 Maret 2017

Delapan Arah Kebijakan Musrenbang RKPD 2018

  • 17:03:58, 15 Maret 2017 | berita |
  • 145 Views
  • Bagikan Halaman Ini

Palopo – Pada tahun 2018, ada delapan arah kebijakan pembangunan di Kota Palopo. Kebijakan pertama adalah pembangunan di sektor pendidikan yang menekankan pada pelaksanaan pendidikan gratis paripurna, kedua adalah pelaksanaan kesehatan gratis paripurna, ketiga adalah pembangunan sektor perumahan dan pemukiman, keempat sektor wirausaha dan home industri, kelima infrastruktur dan penanganan bencana, keenam ketersediaan dan keamanan pangan, ketujuh keamanan dan kenyamanan lingkungan dan ke delapan adalah sektor pariwisata dan kebudayaan.

Hal ini  disampaikan Walikota Palopo melalui Kepala Bappeda Kota Palopo Drs. Firmanza DP, SH, MS.i saat menyampaikan arah dan kebijakan pembangunan Kota Palopo dalam acara Musrenbang RKPD Kota Palopo Tahun 2018 di Saodenrae Convention Center (SCC) Kota Palopo, Rabu (15/3/2017). 

Ke delapan arah pembangunan daerah ini akan menjadi prioritas pelaksanaan sejumlah program dan kegiatan yang ada di setiap SKPD Kota Palopo. Oleh karena itu ia meminta agar usulan usulan pekerjaan prioritas yang berasal dari kecamatan dan kelurahan yang disampaikan melalui sistem e musrenbang diarahkan pada delapan arah kebijakan pembangunan Kota Palopo Tahun 2018. Delapan arah kebijakan ini, menjadi pedoman setiap SKPD dalam merumuskan rencana kerjanya sehingga fokus pada delapan arah kebijakan pembangunan tersebut.

Kebijakan pendidikan dan kesehatan gratis secara paripurna di Kota Palopo menurut Kepala Bappeda Kota Palopo Drs. Firmanza DP, SH, MS.i diharapkan dapat meningkatkan akses dan partisipasi masyarakat Kota Palopo dalam dua sektor pelayanan dasar ini. Dan bagi pemerintah, fokus pelayanan diarahkan pada peningkatan mutu dan kualitas standar pelayanan dalam dua aspek pelayanan dasar tersebut. Ia juga menyampaikan bahwa delapan arah kebijakan ini merupakan respon pemerintah daerah atas sejumlah isu strategis yang dihadapi Kota Palopo pada tahun 2018 dengan berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2013-2018 dan visi misi Walikota Palopo.

 

Ia juga mengingatkan bahwa tahun 2018 adalah tahun terakhir pelaksanaan dan pencapaian seluruh sasaran strategis daerah yang ada dalam dokumen RPJMD. Olehnya seluruh program maupun kegiatan yang akan dilaksanakan oleh semua SKPD pada tahun 2018 betul - betul mengarah langsung pada pencapaian sasaran startegis daerah. “Seluruh sasaran startegis daerah harus kita capai. Oleh karena itu sinergitas program dan kegiatan dan koordinasi antar SKPD menjadi catatan penting dalam perumusan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan” ujarnya.

Tema musrenbang RKPD Kota Palopo tahun 2018 adalah Akselerasi Pencapaian Sasaran Program Prioritas Secara Integratif dan Sinergis”. Musrenbang RKPD ini dihadiri oleh Walikota Palopo dan sejumlah kepala dinas lingkup SKPD Kota Palopo, Anggota DPRD Palopo dan anggota DPRD Sulsel dari dapil Luwu Raya, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, para tokoh masyarakat dan sejumlah pengurus LPMK Kota Palopo. (myscr1)

Agenda

Musrenbang Kecamatan