08 Desember 2015

Kembangkan Pelayanan Publik Berbasis IT

  • 23:35:12, 08 Desember 2015 | berita |
  • 1727 Views
  • Bagikan Halaman Ini

PALOPO - Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo kini tengah mengembangkan pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan berbasis teknologi informasi atau "Information Technology" (IT). Pengembangan e-government di Kota Palopo dimaksudkan untuk bisa meningkatkan mutu layanan publik. Melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses penyelenggaraan pemerintahan, maka diharapkan terbentuknya pemerintahan yang bersih, transparan, dan mampu menjawab tuntutan perubahan secara efektif, perbaikan organisasi, sistem manajemen dan tata kelola pemerintahan secara terintegrasi, mendorong interaksi dan kemitraan dengan masyarakat (e-citizens) dan dunia usaha (public-private partnership). 

Kepala Bidang PDE Bappeda Kota Palopo, Abd Rahman Tambi Kahar kepada Palopo Pos, Rabu 3 Desember 2014, mengatakan, Pemkot Kota Palopo saat ini telah memiliki beberapa sistem informasi berbasisi IT yang sudah terbangun. Seperti Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), E-KTP, Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA), Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (SIM PPTSP). "Juga Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG), Sistem Informasi Penggajian, Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah (SIMBADA), Sistem Informasi Pembayaran PBB, Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS), Layanan Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE) dan Website resmi Pemerintah Kota Palopo (www.palopokota.go.id)," jelasnya.

Ia mengatakan, pengembangan e-government di Kota Palopo ini diperlukan dukungan serta komitmen bersama, seperti dukungan kebijakan pimpinan, dasar hukum (regulasi), pembentukan tim pengembangan IT (e-gov), peningkatan kualitas SDM, serta optimalisasi peran kelembagaan, penyediaan infrastruktur, dan membuat ikon inovatif daerah untuk mengembangkan e-government di Kota Palopo.

"Terkait sistem E-government, pada tahun 2014 ini Pemkot Kota Palopo telah membuat MoU dengan Pemerintah Kota Surabaya dengan ruang lingkup Government Resources Management System (GRMS). GRMS adalah sistem pengelolaan sumber daya pemerintahan yang terintegrasi dari aktivitas birokrasi dari hulu sampai hilir (dalam konteks belanja) yang dikembangkan dalam rangka menjunjang pengelolaan keuangan daerah. Sistem GRMS yang dikembangkan terdiri dari e-Budgeting, e-Project Planning, e-musrembang, e-Procurement, e-Delivery; e-Controlling, e-payment dan e-Performance,"jelasnya.

Kepala Sub Bidang Pengolahan Sistem Elektronik PDE Bappeda Kota Palopo, Ramlan, mengatakan, mulai tahun 2014, melalui kegiatan pendayagunaan sistem informasi di lingkungan Pemerintah Kota Palopo akan dibangun beberapa aplikasi, diantaranya untuk pengelola keuangan daerah meliputi e-budgeting, e-project, e-procurement,   e-delivery, e-controlling, dan e-performance.Sedangkan yang berhubungan dengan masyarakat meliputi e-musrenbang, pengaduan secara elektronik (SMS Gateway) dan pembuatan website SKPD. Khusus untuk e-musrembang sekarang dalam tahap pembuatan Selain itu Pemerintah Kota Palopo akan membuat Master Plan Rencana Induk Pengembangan E-Government (RIP E-Gov) dan juga akan membangun Data Center/Network Operation Center (NOC) untuk mendukung sistem aplikasi yang terintegrasi. dengan penerapan e-goverment kita bisa menghemat hingga 30 persen, jelas Ramlan. (ufo/rhm/d)

Sumber : http://www.palopopos.co.id/metropolis/ 

Agenda

Musrenbang Kecamatan