25 Februari 2015

Pemkot Siap Berlakukan E-Government

  • 23:44:30, 25 Februari 2015 | berita |
  • 798 Views
  • Bagikan Halaman Ini

Seluruh SKPD lingkup Pemerintah Kota Palopo akan memberlakukan Teknologi Informasi berbasis komputerisasi atau sistem E-Goverment dalam sistem administrasi perkantoran. Hal ini terungkap pada pelaksanaan Sosialisasi Pembangunan Daerah Dalam Rangka Penyusunan Rancangan RKPD dan Rencana Kerja SKPD Tahun 2016 melalui Aplikasi E-Musrembang, di Aula Bappeda Kota Palopo, yang disampaikan oleh Sekretaris Bappeda Kota Palopo, Taufiqurahman saat membuka acara tersebut, Selasa 24/2/15.

Menurutnya, E-Goverment juga merupakan salah satu Pengunaan teknologi informasi guna menghubungkan antara pemerintah daerah dengan pihak pemerintah provinsi dan pusat dalam mengusulkan program yang menjadi skala prioritas yang dibutuhkan oleh masyarakat yang dijalankan oleh SKPD terkait tingkat Kota/Kabupaten di Sulawesi Selatan (Sul-Sel).

Sementara itu, Tim IT Development Palopo Bidang PDE Bappeda Kota palopo mengatakan, sistem E-Goverment menjadi salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh SKPD di lingkup Palopo karena persoalan penggunaan sistem IT yang mendukung kinerja menjadi lebih efisien dalam hal administrasi seperti pengajuan program atau permasalahan administrasi lainnya. Ditambahkan sistem E-Goverment tidak bisa dihindari oleh SKPD yang berhubungan dengan pelayanan dalam suatu pemerintahan.

Menurutnya, juga keberhasilan penerapan e-government bukan semata-mata didorong pemanfaatan teknologinya, tapi sejauh mana keinginan melakukan perubahan oleh SDM dalam lingkup SKPD itu sendiri. Sebaik apapun sistemnya, akan tergantung kemauan dari SDM yang terdapat dalam SKPD tersebut. Sosialisasi yang berlangsung satu hari tersebut diikuti seluruh SKPD dan Kacamatan se-Kota Palopo.( Eghy "Haris"/Mursalim) 

Agenda

Musrenbang Kecamatan