14 Februari 2017

Walikota Tekankan Integrasi dan Integritas Program OPD

  • 08:47:04, 14 Februari 2017 | berita |
  • 147 Views
  • Bagikan Halaman Ini

Palopo - Walikota Palopo Drs. H.M. Judas Amir, MH menekankan perlunya sinergitas program dan kegiatan yang melekat pada setiap Organisasi perangkat Daerah (OPD) Kota Palopo di tahun 2018. Ini menjadi catatan penting, sebab menurut Walikota, tahun 2018 menjadi tahun pencapaian seluruh sasaran pembangunan daerah.

Olehnya ia menekankan pelaksanaan program dan kegiatan pada seluruh OPD harus dilaksanakan secara terintegratif dalam pemenuhan pencapaian seluruh sasaran pembangunan daerah. Hal ini ditegaskan Walikota Palopo saat membuka Musyawarah Pembangunan Daerah Tingkat Kecamatan se-Kota Palopo untuk Tahun Perencanaan 2018, di Aula Kantor Kecamatan Wara, Selasa (14/2). 

Pembangunan di Kota Palopo saat ini, mengalami banyak kemajuan, terutama sarana dan prasarana infrastruktur daerah seperti jalan. “Sebagian besar wilayah kita sudah terjangkau akses jalan. Kita bersyukur bahwa pembangunan di kota kita ini bisa berjalan dengan baik. Ini atas hasil kerja-kerja kita semua. Dan saya berharap di tahun-tahun mendatang hal ini terus kita tingkatkan bagi kesejahteraan masyarakat” sebutnya. Walikota menyebut pemerintah akan terus berupaya meningkatkan kerjasama pembangunan terutama dalam penyediaan pembiayaan untuk terus meningkatkan kualitas sarana dan infrastruktur di Kota Palopo.

Di sisi lain, kata Walikota, peningkatan sumber daya manusia juga tak luput dari perhatian pemerintah. Terutama di bidang kesehatan. Buktinya terhitung sejak tahun 2017, seluruh masyarakat kurang mampu Kota Palopo, jaminan kesehatannya akan ditanggung oleh pemerintah daerah melalui dana APBD. “Jika ada warga yang sakit tinggal datang saja ke Rumah Sakit, tak perlu membayar apapun sebab kita sudah anggarkan biaya pengobatannya melalui kerjasama dengan BPJS. Dan baru kita satu-satunya pemerintah kabupaten/kota yang melaksanakan ini di seluruh Indonesia” ujar Walikota yang disambut gemuruh tepuk tangan masyarakat yang hadir.

Hal senada juga disampaikan kepala Bappeda Kota Palopo Drs. Firmanza DP, SH, M.Si dalam paparan materinya. Ia menyebaut di tahun 2017 sejumlah program prioritas akan terus dikebut pihaknya bersama jajaran OPD yang baru. “Berkat koordinasi teman-teman OPD dan dukungan penuh pak Walikota, tahun 2017 kita mendapatkan sejumlah bantuan dari pemerintah pusat untuk mendanai pembiayaaan sejumlah program prioritas daerah. Misalnya penanganan lingkungan pemukiman kumuh dan sanitasi lingkungan. Ini akan kita sebar di seluruh wilayah Kota palopo sehingga semua masyarakat bisa menikmati kerja keras yang selama i

Sejumlah masyarakat yang hadir dalam acara tersebut juga mengungkapkan apresiasinya atas pelaksanaan pembangunan di Kota Palopo dalam beberapa tahun terakhir ini. “Kami bersyukur banyak hasil pembangunan yang bisa kami saksikan selama ini. Jalan-jalan di lingkungan kami banyak dan sebagian besar sudah teraspal. Ini kami syukuri sebab usulan pengaspalan ini sudah kami masukkan beberapa tahun lalu namun baru tahun 2016 baru kami rasakan” sebut salah satu tokoh masyarakat yang diamini oleh puluhan RT dan RW se Kecamatan Wara yang hadir dalam Musrenbang tersebut.

Hadir dalam acara tersebut sejumlah kepala OPD, tokoh masyarakat, LPMK se Kecamatan Wara dan masyarakat Kecamatan Wara. (myscr-1-) Sahrial Pirham, S.Pt

 

Agenda

Musrenbang Kecamatan