PROFIL BAPPEDA KOTA PALOPO


Visi dan Misi

VISI

Visi Bappeda Kota Palopo Tahun 2013–2018 adalah Terwujudnya Perencanaan Pembangunan Daerah yang Visioner, Implementatif dan Berkesinambungan

Penjelasan Visi :

  • Terwujudnya perencanaan adalah kegiatan untuk menetapkan tujuan yang akan dicapai beserta cara-cara untuk mencapai tujuan, serta penentuan strategi, kebijaksanaan, proyek, program, prosedur, metode, sistem, anggaran dan standar yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan
  • Pembangunan daerah adalah suatu usaha yang sistematik dari pelbagai pelaku, baik umum, pemerintah, swasta, maupun kelompok masyarakat lainnya pada tingkatan yang berbeda untuk menghadapi saling ketergantungan dan keterkaitan aspek fisik, sosial ekonomi dan aspek lingkungan lainnya sehingga peluang baru untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah dapat ditangkap secara berkelanjutan.
  • Visioner  adalah wawasan kedepan yang selalu mengutamakan prinsip partisipatif, inovatif, adaptif, antisipatif, dan bertanggung jawab.
  • Implementatif adalah hasil - hasil perencanaan dapat diterapkan dalam rangka mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera lahir dan batin.
  • Berkesinambungan adalah suatu proses yang secara berkelanjutan mengoptimalkan manfaat dan sumber daya alam dan sumber daya manusia dengan cara menyerasikan aktivitas manusia sesuai dengan sumber daya alam tersedia.

 

MISI

Untuk mewujudkan visi tersebut, telah ditetapkan misi yang didalamnya mengandung tujuan dan sasaran organisasi yang akan dicapai serta menggambarkan tugas pokok dan fungsi Bappeda.  Rumusan misi Bappeda Kota Palopo adalah  :

  1. Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia aparatur perencana.
  2. Meningkatkan pelaksanaan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas (KISS) dalam perencanaan pembangunan daerah.
  3. Meningkatkan implementasi perencanaan pembangunan daerah dalam pencapaian target kinerja.
  4. Melaksanakan pengkajian, penelitian dan pengembangan guna meningkatkan kualitas perencanaan.
  5. Meningkatkan sarana dan prasarana pendukung perencanaan pembangunan Daerah.

Penjelasan Misi  :

  • Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia aparatur perencana, merupakan proses yang menghubungkan fungsi-fungsi sumber daya manusia dengan tujuan-tujuan strategis organisasi, sehingga bisa melakukan perbaikan berkelanjutan terhadap sumber daya manusia yang dimilikinya.
  • Meningkatkan pelaksanaan koordinasi, integrasi, singkronisasi dan sinergitas (KISS) dalam perencanaan pembangunan daerah, merupakan koordinasi secara vertikal (lintas SKPD), secara horizontal (antar pemerintah daerah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat) sebagai upaya untuk memaduserasikan/mengitegrasikan pelaksanaan, perencanaan dan hasil-hasilnya yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat dalam upaya menghasilkan pembangunan yang efisien dalam pemanfaatan sumber daya untuk menjamin tercapainya tujuan dan sasaran secara optimal.
  • Meningkatkan implementasi perencanaan pembangunan daerah dalam pencapaian target kinerja, yaitu dalam rangka pencapaian target kinerja, BAPPEDA sebagai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah yang memiliki kewenangan dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan Kota Palopo dituntut agar dokumen perencanaan yang dihasilkan tersebut dapat diimplementasikan oleh SKPD teknis dalam merespon perencanaan partisipatif.
  • Melaksanakan pengkajian, penelitian dan pengembangan guna meningkatkan kualitas perencanaan. Pengkajian, penelitian dan pengembangan sangat berperan dalam proses perencanaan pembangunan. Dokumen perencanaan yang didahului oleh pengkajian, penelitian dan pengembangan akan menghasilkan perencanaan yang matang dan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Meningkatkan sarana dan prasarana pendukung perencanaan pembangunan Daerah, merupakan upaya mendukung perencanaan pembangunan yang berkualitas maka diperlukan penggunaan sarana dan prasarana yang berkualitas pula dengan berbasis Informasi dan Teknologi (IT).